Kurikulum merupakan panduan dalam pembelajaran yang menetapkan tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran yang akan diterapkan. Kurikulum dapat dikembangkan oleh pemerintah atau oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku. Di Indonesia, ada beberapa kurikulum yang berlaku di setiap jenjang pendidikan, yaitu Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, dan Kurikulum KTSP.

Dalam website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat informasi mengenai Perbandingan Kurikulum Nasional. Halaman ini memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai karakteristik dari setiap kurikulum yang berlaku berdasarkan jenjang dan komponennya. Satuan pendidikan dapat membandingkan kelebihan dan kekurangan dari setiap kurikulum untuk memilih kurikulum yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah.

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diterapkan sejak 2013 untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan kompetensi dan pendidikan karakter. Selain itu, Kurikulum 2013 juga menekankan pada pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dikembangkan sebagai alternatif bagi satuan pendidikan yang ingin mengembangkan kurikulum mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk menyusun kurikulum satuan pendidikan yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam implementasinya, kurikulum satuan pendidikan tersebut diwujudkan menjadi pembelajaran yang terdiferensiasi atau pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.

Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) merupakan kurikulum yang berlaku sebelum diterapkannya Kurikulum 2013. Kurikulum ini memberikan kebebasan bagi sekolah untuk menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah. Namun, Kurikulum KTSP dinilai kurang konsisten dan sulit untuk dipantau oleh pemerintah.

Pada Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran disusun per fase, yaitu fase pondasi untuk PAUD, fase A untuk SD setara kelas I-II, fase B untuk SD setara kelas III-IV, fase C untuk SD setara kelas V-VI, fase D untuk SMP setara kelas VII-IX, dan fase E untuk SMA/SMK setara kelas X.

Satuan pendidikan dapat memilih implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 dengan memilih Mandiri Belajar. Mandiri Belajar adalah menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, dengan tetap menggunakan Kurikulum 2013 atau Kurikulum 2013 yang disederhanakan.

Download Modul Ajar & Modul Proyek Kurikulum Merdeka

Dapatkan contoh Modul Ajar dan Modul Proyek Kurikulum Merdeka Edisi 2023/2024 Terbaru dan Lengkap dari Diva Pendidikan.

Terima kasih. Silahkan cek dan konfirmasi Email Anda untuk menerima file contoh Modul Ajar & Modul Proyek Kurikulum Merdeka.